Teluk Cenderawasih, Surga Bawah Laut Papua

Bisnis



Papua terkenal dengan pesona keindahan laut yang menjadi daya tarik wisatawan. Raja Ampat merupakan salah satu wisata bahari yang tersohor di Papua. Namun, Papua memiliki surga bawah laut lainnya yaitu Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Terletak di dua kabupaten yaitu Kabupaten Teluk Wondama dan Kabupaten Nabire, TN Teluk Cenderawasih menyimpan keanekaragaman flora dan fauna yang melimpah di dalamnya.

Taman Nasional ini memiliki luas 1.453.500 hektar yang merupakan taman laut terbesar di Indonesia. Menyelam merupakan salah satu kegiatan yang wajib jika mengunjungi taman laut ini. Sinar matahari mampu menembus hingga kedalaman 30 meter dan memantulkan keindahan bawah laut yang menakjubkan. Ratusan terumbu karang dengan kualitas terbaik di dunia menyebar di kawasan ini.

Selain itu perariran ini menyimpan 950 spesies ikan dan 196 moluska hidup. Anda dapat merasakan sensasi berenang sambil ditemani dengan lumba – lumba di teluk ini. Anda juga dapat melihat biota laut lainnya seperti penyu, hiu, ikan duyung dan lainnya. TN Teluk Cenderawasih merupakan rumah bagi mega fauna seperti hiu paus yang jarang terlihat di Raja Ampat. Hiu paus yang terpantau melewati kawasan ini sekitar 137 ekor. Mega fauna ini dapat dilihat saat melintas di Kwatisore, Kawasan TN Teluk Cenderawasih.

TN Teluk Cenderawasih berdekatan dengan destinasi wisata bahari yang memesona lainnya seperti Pulau Rumberpon, Pulau Nusrowi, Pulau Mioswar, Pulau Yoop, Pulau Roon serta Perairan Windesi. Anda dapat melihat dan berenang bersama ikan – ikan hiu paus yang ramah di Perairan Windesi. Selain itu, Pulau Mioswar menyajikan pemandangan air terjun dan air panas alami yang menyatu dengan laut. Pulau Mioswar juga menyajikan tempat wisata lainnya yaitu jelajah goa yang didalamnya terdapat kerangka leluhur suku Wandau yang dipercaya merupakan manusia pertama di pulau ini.

Teluk Cenderawasih sudah dilengkapi penginapan yang dimiliki warga sekitar dengan harga berkisar Rp 250.000 – Rp 300.000 per malam. Akses menuju teluk ini dapat ditempuh dengan menggunakan speed boat dari Pulau Nabire. Taman Nasional Teluk Cenderawasih telah menjadi surga bagi para penikmat pesona keindahan bahari di dunia. Tidak heran jika TN Teluk Cenderawasih merupakan taman laut terindah di Indonesia.

Ditulis oleh Farah Nabila, Universitas Al Azhar, Jurusan Broadcasting and New Media, pada Program Magang Genpinas tahun 2020.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *