Pulihkan Subsektor Ekonomi Kreatif Lewat Konser Musik The Jazz Gate

Bisnis



Sumber foto : instagram The Jazz Gate (thejazzgate)

Siapa yang kangen nonton konser musik? Pastinya banyak banget! Pandemik global COVID-19 yang melumpuhkan berbagai sektor di dunia ini juga memberikan dampaknya di Indonesia. Musik sebagai subsektor ekonomi kreatif tak terkecuali. Agenda acara musik yang sudah dibuat sepanjang tahun 2020 banyak yang akhirnya dibatalkan dan musisi dirumahkan karena adanya kebijakan karantina dan pembatasan sosial berjarak.

Dengan latar belakang pengalaman nyata dari banyak musisi yang terdampak pandemik COVID-19, terutama musisi Jazz, membuat Elfa Zulham mempersembahkan program musik The Jazz Gate dengan tema besar “Jazz For Cause Not Applause”. The Jazz Gate merupakan program musik Jazz yang diselenggarakan secara daring atau online yang sudah aktif menggalang dana sejak bulan April tahun ini. Pada pada bulan Juli, The Jazz Gate berkolaborasi dengan kolasedotcom untuk menggalang dana dengan menjual merchandise yang dibuat oleh seniman lokal dan dana telah terkumpul disalurkan untuk program-program The Jazz Gate yaitu Jazz Community, Jazz Education, Jazz Live, dan Jazz Records.

Saat interviewnya, Elfa berbagi dengan #kolasepodcast, “Jazz For Cause Not Applause, tujuannya akan menjadi sebuah media terciptanya ekosistem yang baru untuk mendukung para musisi-musisi, composers, arrangers, dan semua para pencinta musik jazz yang saat ini masih terkena dapaknya sejak bulan Maret akhir.”

The Jazz Gate kembali hadir di bulan September ini dengan mempersembahkan “Global Jazz Concert at Home” yang menampilkan musisi-musisi Jazz dari 11 negara termasuk Indonesia, sebagai wujud solidarisme dan bara penyemangat bagi dunia musik Jazz di masa pandemi ini khususnya di Indonesia. Concert at Home ini merupakan salah satu dari program The Jazz Gate sebagai wadah musisi dan komunitas Jazz tanah air yg terimbas pandemik COVID-19 yang akan digelar secara live di kanal official youtube The Jazz Gate¸ pada 11 September 2020 pukul 21.00 WIB.

“Jujur bener-bener gak nyangka dan terharu banget semua temen-temen mau support usaha kita menggalang donasi untuk komunitas Jazz di Indonesia yang terdampak dari pandemi ini, termasuk musisi-musisi internasional yang gak pake pikir panjang dengan semangat mau bantu support dengan ikut berpartisipasi di konser ini bahkan ada yang sampai ikut berdonasi.” Tulis Dira Sugandi di media sosial Instagram miliknya.

Gimana sobat Genpi? jangan sampe ketinggalan yaa! Lewat penggalangan dana di The Jazz Gate, kita semua bisa membantu pekerja seni terutama musisi Jazz Indonesia untuk tetap berkarya di masa pandemik, dan mendukung pemulihan ekonomi kreatif di Indonesia.

Ditulis oleh Yulia Vaira, Ilmu Komunikasi, Universitas Al-Azhar Indonesia. Program Internship Genpinas 2020.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *