PHONEGRAPHY, SOLUSI KREATIF MEMAKSIMALKAN KAMERA SMARTPHONE

Bisnis



Sumber foto: Ega Agustina Cahyani (@bertemudijogja)

            Halo, sobat Genpi semuanya! Siapa di antara kalian yang hobi fotografi? Tapi tidak memiliki kamera DSLR atau Mirrorless? Pas banget kalian ketemu artikel ini. Hasil karya fotografi tidak hanya berasal dari kamera digital yang mahal lho. Sobat Genpi semua bisa memaksimalkan kamera di smartphone kalian. Hasilnya juga tidak kalah bagus dengan kamera digital yang harganya selangit. Kira-kira jenis fotografi apa yang menggunakan smartphone? Bagaimana cara melakukannya? Apakah mudah dilakukan? Tanpa barlama-lama, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Gasss!

  • Kreatif dengan Phonegraphy
Sumber foto : Ega Agustina Cahyani (@bertemudijogja)

Ya! Phonegraphy merupakan  jenis fotografi yang menggunakan smartphone. Phonegraphy bisa menjadi pilihan bagi sobat Genpi yang mau belajar fotografi tetapi tidak memiliki kamera digital, seperti DSLR dan Mirrorless. Alat-alat yang dibutuhkan juga tidak merepotkan karena Sobat Genpi semua hanya membutuhkan smartphone yang memiliki kamera. Kira-kira bagaimana cara melakukannya? Apa saja yang harus dipersiapkan? Lanjut kita simak ulasan berikutnya, Gasss!

  • Eksekusi Phonegraphy? Gasss!
Sumber foto : Ega Agustina Cahyani (@bertemudijogja)

Nah, sebelum melakukan phonegraphy sobat Genpi semua harus menyiapkan beberapa hal sebagai berikut.

  • Smartphone
    • Setting Kamera Pro (agar bisa mengatur Shutter Speed, ISO, dan Apperture)

Setelah sobat Genpi semua sudah menyiapkan beberapa hal tersebut, kalian bisa langsung melakukan phonegraphy. Pengaturan shutter speed, ISO, dan Apperture tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan. Apabila hendak memotret objek bergerak, angka shutter speed bisa dinaikkan, seperti 1/1000, 1/2000, 1/3000, dan seterusnya. Apabila hendak mengatur gelap terang bisa menggunakan ISO. Terakhir, apabila sobat Genpi hendak mengatur tingkat jangkauan fokus, bisa mengubah angka pada aperture.

Itulah Selayang pandang tentang Phonegraphy. Di masa pandemi ini, phonegraphy bisa menjadi pilihan untuk tetap berkarya selama di rumah saja. Selain itu, jenis fotografi ini juga tidak membutuhkan alat yang sulit dicari dan mahal. Semoga sobat Genpi semua bisa tetap kreatif selama pandemi, ya!

Ditulis Oleh: Sebastian Andhika Candra, Universitas Gadjah Mada, Program Internship Generasi Pesona Indonesia.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *