Pesona Danau Anggi di Pegunungan Arfak, Papua Barat

Bisnis



Papua adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya yang eksotis dan alami yang sudah tidak diragukan lagi. Banyaknya destinasi wisata yang mempesona di tanah Papua, seperti Raja Ampat, Danau Sentani, Taman Nasional Teluk Cenderawasih, dan lainnya menjadikan Papua surganya bagi para traveller untuk menjelajahi setiap destinasi wisata yang berada di Papua. Namun, di pegunungan Arfak Papua Barat terdapat keindahan tersembunyi yang mempesona, yaitu Danau Anggi.

Danau yang memiliki panorama alam yang indah ini terletak sekitar 90 km dari kota Manokwari, yaitu Danau Anggi Gida dan Danau Anggi Giji. Paduan antara hamparan hutan hijau, pegunungan yang menjulang tinggi, dan keindahan danau yang luas akan membuatmu jatuh kedalam keindahan yang mempesona. Danau sepasang ini memiliki beberapa perbedaan loh, yuk disimak!

Danau Anggi Gida terletak di ketinggian sekitar 1.800 meter di atas permukaan laut, sedangkan Danau Anggi Giji terletak di ketinggian sekitar 1.750 meter di atas permukaan laut. Suhu udara di Danau Anggi cukup sejuk, dimana memiliki suhu dengan rata-rata sekitar 18 derajat celcius ketika di siang hari. Cocok sekali untuk kamu yang ingin mencari ketenangan dengan disuguhkan keindahan alam yang menawan.

Danau Anggi Gida ini memiliki air yang berwarna gradasi biru muda dan tosca, jika dilihat dari jauh danau ini sekilas terlihat seperti lautan dengan hamparan pasir putih yang luas yang dikelilingi oleh hutan liar yang alami. Sedangkan, Danau Anggi Giji ini memiliki warna air yang lebih hitam, hal ini dikarenakan pantulan hutan dan adanya plankton di sekitar danau yang membuat warnanya lebih hitam dibanding Danau Anggi Gida.

Untuk mencapai ke tempat wisata ini kamu dapat menggunakan kendaran mobil off-road sekitar 3-4 jam perjalanan. Karena medan perjalanan yang dilewati ini cukup sulit untuk dilewat, sehingga lebih disarankan menggunakan mobil off-road untuk menikmati pesona danau anggi gida dan anggi giji ini.

Untuk menikmati panorama yang menawan di Danau Anggi Gida dan Anggi Giji ini sangat direkomendasikan untuk dinikmati dari kawasan Bukit Kobrey yang berada pada ketinggian 2.050-2.100 mdpl. Nantinya, kamu akan disuguhkan pemandangan danau yang terlihat sempurna dengan hamparan punggung bukit-bukit Pegunungan Rawa, Arfak, serta sejumlah kampung yang mengelilingi. Seperti, Kampung Sororei, Kampung Iraweri, Kampung Bamaha, Kampung Anggi, dan Kampung Kostera.

Gimana tidak kalah indah kan dengan destinasi wisata lainnya yang ada di Papua? Yuk siapkan waktu dan tabunganmu yang lebih untuk dapat berkunjung ke dua danau yang menawan ini. Keindahan alam yang mempesona di tanah Papua siap memanjakanmu.

Sumber:
http://agolf.xyz/danau-anggi-keindahan-tersembunyi-di-bumi-cenderawasih/
https://beritapapua.id/danau-anggi-gida-dan-anggi-giji-pesona-alam-pegunungan-arfak/

Artikel ini ditulis oleh Nur Azizah, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Prodi Ekonomi Syariah, pada program magang Genpinas.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *