Paronama Bawah Laut Pulau Weh

Bisnis



Pulau Weh merupakan pulau kecil yang berada di ujung barat Indonesia. Mungkin, nama Pulau Weh sedikit asing di telinga, tapi pasti tidak asing bila kamu mendengar nama Sabang. Kota Sabang merupakan salah satu kota populer yang ada di Pulau Weh, dimana pulau yang lokasinya strategis dan memiliki wisata bahari bak surga kecil di dunia.

Secara geografis Pulau Weh adalah pulau yang masih mencakup wilayah Provinsi Aceh, yang berada di paling ujung barat pulau Sumatra. Meski Pulau Weh hanya memiliki luas 120 kilometer persegi, akan tetapi pulau ini dikelilingi dengan pantai yang indah nan eksotis. Tak hanya itu, pulau ini juga menjadi tempat beragam sepesies ikan, seperti hiu, lumba-lumba, pari dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang gemar berwisata bahari, Pulau Weh wajib menjadi salah satu bucket list kamu. Keindahan alam serta paronama perairannya yang memukau, pulau ini kerap dijadikan salah satu tempat favorit oleh para wisatawan yang memiliki hobi diving ataupun snorkling.

Terdapat banyak titik untuk melakukan spot menyelam di pulau ini. Berikut spot selam yang perlu kamu coba saat di Pulau Weh.

Rupa Batee Tukong

Untuk bisa sampai ke Batee Tukong, kamu dapat menjangkau dengan speadboat sekitar 20 menit saja dari Sabang. Batee tukong memiliki dinding batu 25 meter kebawah, yang merupakan habitat gurita, belut moray, lion fish hingga hiu.

Pantee Peunateung
Spot selam yang satu ini tidak diperuntukkan bagi yang belum mahir, karena ntuk menyelami area ini, aruslah yang menjadi penentu arah menyelam. Saat menyelam belut murai, ikan ekor kuning dan barak kuda akan menjadi pemandangan yang kamu jumpai di sana.

Limbo Gapang

Air laut yang jernih dengan warna hijau toska cocok sekali untuk diselami. Lokasi Limbo Gapang yang tak jauh dari pantai Gapang ini hanya membutuhkan 2-3 menit saja diperjalanan. Saat menyelami Limbo Gapang, kamu akan melihat trumbu karang yang berbentuk jamur, yang memiliki tinggi sekitar 7 meter. Selain itu, cumi-cumi, kura-kura serta gerombolan ikan kodok akan kamu jumpai.

Sumur Tiga
Selain memiliki situs sejarah peninggalan Jepang, pantai ini juga cocok sekali untuk melakukan aktivitas snorkling, karena Sumur Tiga memiliki arus yang tenang sehingga aman untuk para wisatawan yang ingin snorkling.

Ada dua alternatif untuk menuju ke Pulau Weh, yaitu dengan kapal cepat atau kapal lambat. Untuk kapal lambat, kamu hanya akan menghabiskan waktu 2 jam diperjalanan. Sedangkan kapal cepat waktu tempuh yang dibutuhkan selama 45 menit saja.

Artikel ini ditulis oleh Zolanda Syafa’ati Arizas, Universitas Pancasila jurusan Ilmu Komunikasi, pada program magang Genpinas

Sumber: https://www.google.com/amp/s/travel.tempo.co/amp/1245143/pulau-weh-surga-bawah-laut-di-indonesia-barat

https://www.google.com/amp/s/m.republika.co.id/amp/pp9wj8459



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *