Pantai Lampuuk, Pantai Cantik di Aceh

Bisnis



Genpi.id – Indonesia memang dikenal sebagai surga wisata bahari. Banyak sekali wisata Pantai yang tersebar dari sabang sampai merauke. Yuk kita berkenalan dengan salah satu Pantai di Aceh Besar yang menawan dan memesona

Pantai ini memiliki panorama yang sangat memukau. Air yang sangat jernih dengan pasir putih bersih, juga pemandangan sekitar yang dipenuhi ratusan pohon pinus nan asri menjadi ketertarikan tersendiri di destinasi ini. Ditambah lagi pemandangan matahari tenggelam yang bisa disaksikan disini, menambah nilai eksotisme bagi pantai ini.
Selain karena keindahannya yang sudah tersohor, pantai ini juga sangat mudah dijangkau dari pusat kota. Terletak di desa Meunasah Masjid, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar atau hanya sejauh 20km dari Banda Aceh membuat destinasi alam ini menjadi primadona di Tanah Rencong.

Pantai Lampuuk, pantai yang pada Tsunami Aceh 2004 silam kabarnya sempat menjadi pantai dengan kerusakan terparah diantara pantai lainnya. Mulai dari pepohonan hingga bangunan penginapan semuanya hancur diterjang ganasnya ombak tsunami pada kala itu. Namun berkat kegigihan masyarakat dan Pemerintah Daerah setempat, kini Pantai Lampuuk telah pulih dan kembali memikat wisatawan.

Bukan hanya wisatawan lokal, tapi juga wisatawan asing atau mancanegara. Biasanya para wisatawan lokal melalui Babah Satu dan Babah Dua sebagai jalur masuk menuju destinasi ini. Namun berbeda dengan wisatawan asing yang umumnya datang ke Pantai ini untuk melakukan surfing atau berselancar. Mereka cenderung menggunakan jalur Babah Tiga. Babah itu artinya adalah “Jalan” dalam bahasa Aceh ya! Seluruh jalur menuju destinasi ini bisa dilalui dengan menggunakan kendaraan pribadi dan kabarnya akses jalannya pun cukup bagus.

Selain akses jalan yang mendukung, pantai ini juga memiliki fasilitas yang lengkap. Pantai ini menyediakan penginapan bagi wisatawan yang sekiranya ingin bermalam di area pantai ini dan menikmati nuansa nan damai di malam hari.

Wisatawan bisa mencoba wahana permainan air seperti banana boat. Bahkan jika memungkinkan, kamu juga bisa melakukan olahraga air seperti berselancar lho! Tenang walaupun ombaknya bisa untuk berselancar, masih tergolong aman kok! Di sini juga menyediakan pelampung dan ban untuk kalian yang ingin berenang renang kecil atau sekedar mengapung sambil menatap cerahnya langit Aceh.

Tidak ketinggalan spot foto cantik juga tersedia disini. Baik itu buatan manusia ataupun pemandangan indah yang alami. Bahkan di Pantai ini terdapat area khusus yang menyediakan spot foto buatan dan setelah kamu membayar biaya retribusi area ini kamu bisa berfoto sepuasnya!

Memang sepertinya kurang lengkap ya jika berwisata namun tidak mencicip kuliner khasnya? Di sepanjang bibir Pantai Lampuuk terdapat area kuliner yang biasanya penjual penjual disini berupa warung warung kecil. Mereka tidak hanya menjual makanan khas Aceh namun juga makanan laut lho!

Jika kamu menggunakan Babah Dua sebagai jalur masuk, maka kemungkinan kamu akan bertemu dengan Balai Konsevasi Penyu. Di sini kamu akan berjumpa dengan tukik atau anak penyu yang tengah dikembangbiakan di kolam kolam kecil. JIka sekiranya tukik atau anak – anak penyu tersebut sudah siap untuk dilepas ke alam bebas, maka mereka akan dibebaskan ke lautan. Bukankah sangat bermanfaat sebagai edukasi khususnya bagi anak anak? Untuk para orang tua, destinasi ini sangat direkomendasikan untuk mengedukasi anak anak khususnya dalam pelestarian lingkungan.

Untuk dapat masuk ke area pantai dan menikmati keindahannya, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp3.000 per orang untuk tiket masuk. Namun tidak termasuk untuk penggunaan fasilitas lain ya!

Untuk fasilitas area foto dengan spot buatan kamu akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp10.000 per orang dan Rp5.000 untuk setiap penyewaan aksesoris pendukung.
Dengan retribusi yang kamu berikan tersebut kamu sudah turut serta dalam upaya perawatan dan pengelolaan Pantai Lampuuk.

Yuk setelah pandemi ini berakhir, kita bantu destinasi wisata di Aceh khususnya Pantai Lampuuk untuk dapat terus berkembang dengan cara yang paling menyenangkan yaitu berkunjung ke sana!

Artikel ini ditulis oleh Febry Dwi Rismayanti dari Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta, jurusan Manajemen, pada program magang GENPINAS

Sumber :
https://gotripina.com/blog/pantai-lampuuk-aceh

https://pesonaindonesia.kompas.com/read/2019/06/23/224159927/pantai-lampuuk-aceh-primadona-dari-tanah-rencong



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *