Menyaksikan Keindahan Festival Kerinci 2020 Di Jambi

Bisnis

Jambi – Sobat Genpi udah pernah jalan-jalan ke jambi belum nih, kalua belum kita kasih tau nih apa sih yang happening di jambi. Di jambi terkenal banget gunung nya yaitu Gunung Kerinci, gunung api tertinggi di sumatera dan juga ada Danau kerinci merupakan danau terbesar yang ada di kabupaten kerinci, jambi. Bukan hanya obyek wisata nya aja nih yang buat jambi indah ada juga acara top 100 (CoE) Calendar of Events yaitu Festival kerinci.

Apa Itu Festival Kerinci ?
Sobat genpi bagi yang belum tahu festival kerinci itu apa, nih kita kasih penjelasan nya
Festival Kerinci dilaksanakan di kawasan objek wisata Danau Kerinci Kabupaten Kerinci. Dalam aktifitas ini dilaksanakan berbagai perlombaan termasuk yang dikawal oleh Disporabudpar Kabupaten Kerinci. Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK), Tujuan diselenggarakannya FMPDK antara lain meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar Danau Kerinci tentang potensi keindahan alam Kerinci.

Selain itu juga menyadarkan pentingnya kerja sama antar stakeholder untuk mengembangkan potensi Danau Kerinci sebagai destinasi wisata adalah festivalnya masyarakat Kerinci (masyarakat Kota Sungai Penuh dan Masyarakat Kabupaten Kerinci, bahkan masyarakat yang masih memiliki hubungan sejarah dan emosional dengan Kerinci, yang dikenal dengan masyarakat Melayu Kerinci)

Berbagai atraksi kesenian dan kebudayaan khas kabupaten kerinci juga di tampilkan di Festival Kerinci, bahkan festival ini adalah festival bertaraf internasional. Dalam memeriahkan acara festival ada berbagai penampilan khusus seperti Pawai budaya,Tarian massal,Lomba parno adat dari seluruh kabupaten kerinci,Kuliner khas jambi,Dan pertunjukan seni.

Festival Kerinci masuk dalam kegiatan 100 (CoE) Indonesia loh karena ini adalah pesta budaya terbesar di kerinci. Salah satu yang paling di tunggu adalah penampilan Tari Rangguk, Tari tradisional yang satu ini dikenal pula dengan nama Tari Rangguk Kumun, sesuai asalnya dari Desa Kumun. Tari tradisional ini merupakan perpaduan antara gerak dan pantun yang didendangkan. Pantun-pantun itu biasanya menceritakan kehidupan sosial masyarakat dan awalnya digunakan sebagai sebagai medium penyebaran agama Islam.Tari Rangguk juga mempunyai nilai estetika keindahan dan nilai spiritual yang tinggi.

Sumber Gambar : triptrus.com

Selain menampilkan tari-tarian khas jambi juga ada loh lomba di Festival Kerinci yaitu lomba tari,Lomba berbalas pantun,Lomba menumbuk padi,Hingga atraksi paralayang. Oh iya sobat Genpi ada juga nih yang di tunggu-tunggu masyarakat yaitu digelar nikah massal gratis bagi warga setempat.

Kabupaten Kerinci ini juga terkenal dengan aroma teh nya yang wangi dan mantap pastinya salah satu jenis teh nya yaitu Teh Kayu Aro bahkan diakui menjadi teh terbaik di dunia, gak heran deh kalo banyak wisatawan ke jambi untuk menyeruput secangkir teh loh, Tak cuma menyicipi teh khas Kerinci, pada kesempatan ini pengunjung juga bisa merasakan langsung pengalaman memetik teh massal. Kegiatan ini begitu diminati di gelaran-gelaran Festival Kerinci. tahun lalu bahkan jumlah pesertanya mencapai 3.500 orang dan berhasil mencatatkan rekor MURI.

Festival Kerinci 2020 di laksanakan pada tanggal 3-7 oktober 2020 di Plaza Danau Kerinci,Jambi. Festival ini tidak dipungut biaya loh alias gratis!! Yuk Sobat Genpi ramaikan Festival Kerinci 2020 tetapi kita tetap harus perhatikan protokol Kesehatan, Jaga Jarak dengan yang lain, Memakai masker yang terpenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *