Menikmati Indahnya Warna-Warni Festival Payung Indonesia 2020

Bisnis



Jawa Tengah – Sobat Genpi kita jelajah lagi yuk event festival yang ada di Indonesia, Kali ini kita akan bahas tentang payung ? bertanya- tanya kan kok payung sih yang dibahas kali ini. Fungsi payung dalam budaya kerajaan jawa, dalam kerjaan jawa payung punya fungsi lebih dari sekedar peneduh dari panas dan hujan, menjadi symbol prestis yang menunjukan kelas bangsawan, payung dalam budaya jawa disebut dengan “Songsong” dan Payung adalah Pusaka Budaya Nusantara dan Dunia.

Festival Payung Indonesia?
Festival Payung Indonesia merupakan festival rakyat yang melibatkan partisipasi masyarakat , beragam komunitas ekraf (ekonomi &kreatif), pelestarian seni tradisi, seniman kontemporer, fotografer, desainer lokal dan lain-lain. Melestarikan payung tradisi Indonesia sekaligus menumbuhkan potensi kreativitas masyarakat dari berbagai ragam seni Mengeksplorasi tradisi payung Indonesia.

Sumber gambar https://festivalpayungindonesia.asia/festival-payung-indonesia/fpi-2019/

Festival Payung Indonesia akan di laksanakan pada tanggal 4-6 September 2020 di Candi Prambanan, Jawa Tengah. Melakukan perubahan jadwal dan menyesuaikan kondisi terkait dampak pandemi Covid 19. Jadwal terbaru telah di resmikan menjadi 4-6 Desember 2020 di Candi Prambanan, Jawa Tengah yang dibangun pada abad ke-9 M. Merupakan kompleks candi Hindu terbesar dan tercantik di Indonesia dan terindah di Asia Tenggara sesuai dengan protocol era New normal dengan tema FESPIN-Physical Distancing Festival.

Ada kegiatan apa aja ya di Festival Payung Indonesia yang ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia, yang pertama di festival ini masyarakat mendengarkan Workshop membuat payung dari bahan daun untuk mengasah kreatifitas masyarakat, kemudian ada juga Workshop membuat kerajinan dari tanah liat, Melukis diatas payung untuk mengasah bakat serta edukasi kepada anak-anak,Parade ribuan payung tradisional,Festival Payung Indonesia juga menjadi tempat edukasi tradisi payung. Di sana, para peserta akan memperagakan bagaimana membuat payung dengan berbagai macam jenis. Mulai dari bahan kertas,dan Daun, Parade/Arak-arakan membawa payung hias, menampilkan beberapa tari kebudayaan Indonesia dengan menggunakan payung, Acara music tradisional,Acara musical bertema tradisional khas Indonesia.

Sobat genpi tau gak sih acara ini bukan hanya untuk warga lokal saja loh banyak tamu mancanegara yang menghadiri acara Festival Payung Indonesia contohnya turis dari India,Spanyol, Jepang, dan Thailand.

Sumber foto https://festivalpayungindonesia.asia/festival-payung-indonesia/fpi-2019/

Tujuan dibuatnya Festival Payung Indonesia agar Menginspirasi publik dan peserta festival melahirkan karya-karya kreatif dan inovatif dengan menempatkan daun sebagai sumber penciptaan karya seni. festival payung indonesia di ikuti kreator- kreator dari Indonesia dan mancanegara.

Para kreator juga banyak yang berasal dari luar negeri. Yang nantinya, mereka akan terlibat dalam beberapa sesi di acara ini. Seperti pameran, workshop, pertunjukan, lomba fotografi dan payung kreasi.

Candi Prambanan menjadi tuan rumah di Festival Payung Indonesia karena memiliki misi dan tujuan untuk mengenalkan warisan budaya Indonesia dan akan meningkatkan kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara ke Candi Prambanan.

Sobat Genpi, bisa kalian liat menarik banget kan acara Festival Payung Indonesia acara yang penuh kegiatan positif penuh edukasi dan meriah yang pastinya kalo kalian gak kesini bakalan nyesel banget deh gabisa dapet pengalaman keren jangan lupa catat dan ingat tanggal nya!

Ditulis oleh Venia Azzalia, ilmu komunikasi, Universitas Prof.Dr.Moestopo (beragama), Program Internship Genpinas Tahun 2020

Sumber : https://festivalpayungindonesia.asia/
https://borobudurpark.com/event/festival-payung-indonesia-2019/



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *