Mengunjungi Pusat Batik Terlengkap di Kampung Batik Trusmi

Bisnis



Genpi.id – Cirebon merupakan destinasi wisata yang telah menjadi pilihan bagi para wisatawan yang bosan dengan wisata Bandung. Selain terkenal dengan wisata religi dan kelezatan kuliner khasnya, Cirebon juga terkenal dengan batik. Kampung Batik Trusmi merupakan sentra batik terbesar di Cirebon. Kampung Batik Trusmi terletak di Jalan Plered, Cirebon atau 4 Km dari pusat kota.

Nama Trusmi diberikan oleh Sunan Gunung Jati yang memiliki arti terus bersemi. Kampung batik ini menyediakan berbagai pilihan batik hasil produksi rumahan dengan harga yang beragam. Kawasan ini memiliki puluhan toko batik yang berderet di sepanjang jalan dan tersedia lahan parkir di setiap tokonya.

Jenis batik yang dapat ditemukan di sentra batik ini salah satunya adalah batik khas Cirebon yaitu Mega Mendung. Batik Mega Mendung memiliki motif awan dengan warna yang seimbang dengan motifnya sehingga membuat batik ini sangat elegan. Selain batik khas Cirebon, Anda dapat menemukan motif batik dari berbagai daerah di kampung ini.

Batik yang ditawarkan memiliki beragam model yang berbeda mulai dari daster, kemeja, blouse, mukena, kain batik dan lainnya. Kawasan ini juga menyediakan batik dengan motif yang sama sehingga cocok untuk Anda yang sedang mencari batik untuk seragam. Jenis batik yang ditawarkan mulai dari batik tulis, batik cap, dan batik sablon. Harga batik dibanderol mulai dari 20rb – 1 jt yang tergantung dengan jenis batik yang dipilih. Namun, Anda perlu mengunjungi toko berbeda untuk perbandingan harga karena tiap toko menawarkan harga yang berbeda.

Selain berburu batik, Anda dapat belajar membuat batik di kawasan ini. Batik Gunung Jati menyediakan workshop bagi para wisatawan yang ingin mencoba belajar membatik. Di toko ini, Anda dapat melihat proses pembuatan batik secara langsung. Mulai dari menggambar pola dengan malam (lilin khusus membatik), pewarnaan, merebus batik hingga tahap batik dijemur. Selain Gunung Jati, terdapat berbagai workshop batik lainnya yang dapat ditemui di sepanjang jalan.

Setelah lelah berbelanja batik, Anda dapat mencoba Empal Gentong khas Cirebon yang terletak tidak jauh dari gapura sentra batik ini. Batik telah diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO. Mari gunakan batik sebagai bentuk rasa cinta kita terhadap budaya Indonesia.

Artikel ini ditulis oleh Farah Nabila, Universitas Al Azhar, Jurusan Broadcasting and New Media, pada Program Magang Genpinas tahun 2020.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *