Mayadrama Project Angkat Fenomena Kekerasan Seksual Lewat Seni Teater Virtual

Bisnis

Ketika pandemik COVID-19 menghantam Indonesia dan mengakibatkan ditutupnya ruang publik, maka yang bisa kita lakukan adalah beradaptasi, sama seperti yang dilakukan #mayadramaproject. Mayadrama project merupakan project teater virtual yang diinisiasi oleh rawartless dalam rangka melakukan penjelajahan dan memahami keterbatasan ruang panggung konvensional.  Di pertunjukkan teater #mayadramaproject penjelajahan ruang virtual 1.0, ini, rawartless menyuguhkan pertunjukkan yang mengangkat fenomena kekerasan seksual.

“Hadapkanlah aku (manusia) pada keadaan yang se-ekstrem mungkin sampai terbuka segala sifat yang paling purba. Tapi, sebagai makhluk yang katanya paling mulia, bukankah kita sudah mengenakan baju bernama norma ?”

Begitulah kalimat yang dituliskan untuk trailer #mayadramaproject “Seorang Perempuan yang dikutuk Mer(d)eka” yang akan ditayangkan pada Jumat, 11 September 2020 pukul 20.00 WIB. Sebuah pertunjukkan monolog yang mengisahkan tentang  jalan hidup seorang perempuan yang tanpa sengaja mendapatkan “kemerdekaan” yang selama ini selalu diidam-idamkan banyak perempuan di seluruh dunia.

Rawartless menuliskan, “pernahkah kalian membayangkan, mungkin saja di dunia yang sedang dilanda pandemi ini, ada seorang perempuan yang ketika mendengar kata ‘virus’ yang ia ingat bukan soal kesehatan, tapi kejahatan. Mungkin saja kan? Kita tak pernah tahu. mungkin salah satu hal yang perlu disadari ialah : bahwa di setiap fenomena mayor, ada berbagai fenomena minor yang terjadi karena hukum sebab akibat – mata rantai.”

Gimana nih, sobat ada yang penasaran sama jalan ceritanya seperti apa? Untuk kalian yang mau nonton pertunjukkan teater virtual mayadrama project, bisa segera pesan tiketnya di cutt.ly/rsvp-mayadrama ! Ada tiga kategori tiket yang berkisar 25.000 – 75.000. Ada paket merchandise juga lho! seperti masker dan totebag yang kece banget karya kolaborasi dengan ilustrator muda, yaitu @ariefenpe_ yang berbasis di ibukota. Khusus kalian yang berdomisili di Jogja, ada free ongkir untuk kalian yang membeli paket merchandise nih, jangan sampe kehabisan tiketnya yaa! Info lebih lanjut , sobat bisa follow media sosial Instagram rawartless (rawartless) biar nggak ketinggalan info seputar pertunjukkan teater virtual #mayadramaproject.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *