Lakon Wayang Orang Sriwedari Merangkai Cerita di Kota Solo Sebagai Agenda Seni Pertunjukan di Bulan September 2020

Bisnis

Wayang merupakan seni pertunjukan berupa drama yang bersifat khas. Seni pertujukan ini meliputi seni suara, seni sastra, seni musik, seni tutur, seni rupa dan masih banyak jenis seni yang terkandung didalamnya. Di Indonesia wayang menjadi salah satu kesenian yang paling menonjol terutama di daerah jawa.

Dalam Pementasan wayang dimainkan oleh seorang yang disebut dengan dalang. Dalang ini akan bercerita menggunakan boneka dan biasanya ceita-cerita yang ditampilkan memuat gambaran kehidupan alam semesta seperti, hubungan manusia dengan sesama, hubungan manusia dengan Tuhan serta hubungan antara manusia, alam dan Tuhan.

Bagi sebagian orang wayang dilihat bukan hanya sebagai seni namun mengandung lambang dan nilai-nilai keramat. Sama halnya dengan kota Solo menjadi kota yang sangat kental dengan kebudayaan, bagaimana tidak? Kota yang terkenal dengan dialek khasnya, budaya kerajaan-kerajaan, makanan khas, dan salah satunya cerita wayangnya. Wayang menjadi budaya seni pertujukan yang sangat banyak digelar karena masyarakat Solo mengangap wayang adalah salah satu nilai budaya yang harus dilestarikan.

Pada bulan September di tahun 2020, Solo kembali menjadikan lakon wayang sebagai agenda selama satu bulan dan lakon wayang orang Sriwedari dipilih menjadi tema yang akan merangkai cerita pada pelakonan wayang. Agenda ini sudah dibuka sejak 3 September dan akan berahkir pada 26 September mendatang. Lakon wayang dipentaskan setiap hari kamis sampai dengan hari sabtu pukul 19.30 WIB, bertempat di Gedung Wayang Orang Sriwedari, Jl. Slamet Riyadi No. 275 Surakarta dengan tiket masuk hanya sebesar Rp. 10.000.

Lakon-lakon yang akan ditampilkan adalah lakon Ekalaya, Wisanggeni Rabbi, Srikandhi Ngedan, Gathutkaca Lair dan masih banyak lakon lainnya yang teman-teman bisa dapatkan melalui poster diatas, karena setiap wayang yang ditampilkan sudah diatur sedemikian rupa dan tertera secara detail pada poster diatas mulai dari tema lakon apa saja yang akan tampil selama satu bulan, sutradaranya, penata iringan hingga dalang yang akan tampil. Untuk itu bagi sobat  di daerah Solo tepatnya di Surakarta yang ingin meyaksikan lakon wayang, bisa dilihat pada poster diatas tersedia informasi secara detail. Selamat menyaksikan sobat  dan mari letarikan budaya kita Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *