Kampung Boneka Cikampek, Destinasi Wisata Populer Abad Ini

Bisnis



Genpi.id – Sehabis berwisata dan jalan-jalan seru di Kabupaten Karawang rasanya tak lengkap apabila tidak membawa buah tangan atau cendera mata untuk keluarga tercinta di rumah.

Jika masih bingung atau belum menemukan tempat yang pas, tak usah khawatir karena terdapat satu destinasi wisata belanja yang populer di Karawang akhir-akhir ini, yaitu Kampung Boneka Cikampek. Kampung ini baru saja meraih penghargaan juara tiga dari Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019 untuk kategori Destinasi Wisata Belanja Populer dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kamenparekraf).

Kampung Boneka Cikampek terletak di Kampung Mekar Jaya, Desa Cikampek Utara, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Jaraknya kira-kira 550 meter dari Stasiun Cikampek yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama 10 menit. Kamu akan menemukan gapura bertuliskan “Sentra Industri Kecil Pengrajin Boneka” sebagai pintu masuk menuju kampung ini.

Mungkin pertanyaan yang akan muncul dibenakmu saat mulai masuk ke sini adalah, “Kenapa ya, tempat ini diberi nama Kampung Boneka?” Ya, hal tersebut wajar karena beberapa wisatawan yang berkunjung mungkin masih bertanya-tanya akan hal tersebut. Jawabannya karena rata-rata warga di sini memproduksi dan berbisnis boneka untuk menunjang kehidupan mereka. Keberadaan Industri Boneka Cikampek sendiri sudah ada sejak tahun 1990an.

Jejeran toko yang menjual aneka ragam boneka akan menjadi pemandangan di sepanjang perjalananmu. Mulai dari boneka kecil untuk gantungan, bantal, boneka kartun, sampai boneka besar Teddy Bear mudah kamu jumpai. Uniknya, selain berbelanja kamu juga bisa melihat produksi boneka secara langsung dan dapat meminta custom boneka sesuai dengan seleramu. Boneka yang dihasilkan tentunya memiliki kualitas yang bagus dan lembut. Harga yang ditawarkan pun murah dan bersahabat bagi wisatawan yang berkunjung. Selain itu, boneka-boneka yang telah dihasilkan pengrajin juga dikirim dan dijual ke beberapa wilayah di Pulau Jawa dan Luar Jawa sesuai dengan permintaan pelanggan.

Pemerintah daerah di bawah Kepala Seksi Bidang IKM Disperindag Kabupaten Karawang Ahmad Rifai, akan terus berusaha untuk lebih memperhatikan dan merancang program pengembangan Kampung Boneka Cikampek ke depan. Harapannya destinasi wisata belanja ini bisa dikenal baik dan dikunjungi lebih banyak orang .

Ayo berburu boneka di Kampung Boneka Cikampek!! Sampai jumpa.

Referensi

  1. Bonnardo, Y. (2019). Hidup dari Boneka di Kampung Boneka Karawang. Diakses pada 14 September 2020 dalam laman https://spiritnews.co.id/2019/09/05/hidup-dari-boneka-di-kampung-boneka-karawang/.
  2. Riyandi, R. (2019). Belanja Seru di Kampung Boneka Cikampek. Diakses pada 14 September 2020 dalam laman https://ayobandung.com/read/2019/11/27/71323/belanja-seru-di-kampung-boneka-cikampek.

Artikel ini ditulis oleh Mardhatillah Ramadhan, Institut Pertanian Bogor jurusan Ilmu dan Teknologi Kelautan, pada program magang Genpinas



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *