INDAHNYA 7 AIR TERJUN TERSEMBUNYI DI KALIMANTAN BARAT

Bisnis





Genpi.id – Pulau Kalimantan sudah dikenal bahkan sering dikatakan sebagai paru paru dunia. Hal tersebut disebabkan oleh karena masih banyak sekali rimbunan hutan yang masih asli dan asri. Namun rupanya selain memiliki hutan yang luas, salah satu Provinsi di pulau ini yaitu Kalimantan Barat Barat juga dikenal sebagai Provinsi seribu sungai. Dimana hal tersebut dikarenakan kondisi geografis Kalimantan Barat yang dilalui oleh banyak aliran sungai. Oleh sebab itu ada banyak sekali destinasi Air Terjun di Provinsi ini yang mempesona dan menarik untuk dikunjungi.

Dari sekian banyak air terjun yang terdapat di Provinsi Kalimantan Barat, ada beberapa air terjun yang kabarnya belum begitu dikenal khalayak ramai dan akan kita bahas kali ini. Namun jangan khawatir, pesona dari air terjun tersebut tetap menawan. Tentunya beberapa air terjun tersebut masih bersifat asli dan asri. Sehingga akan terdapat tantangan tersendiri untuk mencapai lokasinya. Beberapa destinasi air terjun di Kalimantan Barat ini sangat cocok untuk kalian yang menyukai tantangan dan mencoba hal baru dalam berwisata alam. Ini mereka!

  1. Air Terjun Tikalong
    Air Terjun dengan ketinggian kurang lebih 7meter ini terletak di desa Karangan, kecamatan Mempawah Hulu, kabupaten Landak. Air di Air Terjun ini sangat jernih dan segar. Dikelilingi oleh hutan tropis yang sejuk, menambah asrinya suasana di lokasi ini. Membutuhkan waktu tempuh yang cukup lama, sekitar 3.5 jam dari kota Pontianak. Namun akan sebanding dengan apa yang akan kita terima dari destinasi ini.
  2. Air Terjun Banyis
    Berada di Desa Lomba Karya, tepatnya di Dusun Pagoh, Kecamatan Ledo. Air terjun ini memiliki eksotisme yang luar biasa. Tebing bebatuan yang ditumbuhi tanaman disertai kolam yang dibingkai dengan apik oleh batu alam membuat panorama yang indah dari destinasi ini. Suasana alam nan asri yang tersaji akan menemani dan memanjakan kalian mulai dari perjalanan menuju lokasi hingga kalian sampai di Air Terjun ini. Lelah akan terbayarkan deh!
  1. Air Terjun Terintik
    Disebut juga Air Terjun Terinting yang terletak di ujung Kabupaten Landak, Kecamatan Air Besar, Desa Sepatung Lauk atau biasanya dikenal dengan Serimbu. Air Terjun ini memiliki tinggi sekitar 50 meter dan memiliki aliran air kecil yang mengucur melalui tebing batu yang indah. Membutuhkan waktu sekitar 5 hingga 7 jam dari pusat kota Pontianak untuk mencapai lokasi ini. Alih alih lamanya waktu tempuh, di perjalanan kalian akan disuguhkan dengan pemandangan aliran sungai dan bukit batu yang mempesona.
  2. Air Terjun Gunung Poteng
    Air Terjun ini terletak di kawasan wisata Gunung Poteng yang hanya sejauh 9km dari Kota Singkawang. Walaupun tidak begitu jauh dari perkotaan, masih sedikit pembangunan di sekitar area ini. Sehingga suasana maupun pemandangannya masih cukup alami. Air terjun ini memiliki aliran air yang tidak cukup deras dan airnya mengalir menyusuri susunan tebing batu alam yang memiliki eksotisme tersendiri. Destinasi ini cocok untuk kalian yang memiliki ketertarikan dengan sejarah karena kabarnya banyak peninggalan dari zaman dahulu kala seperti pipa air yang dulu digunakan untuk mengalirkan air ke Kota Singkawang. Selain memiliki peninggalan sejarah, rupanya di area wisata ini masih terdapat flora dan fauna langka lho! Seperti Bunga Rafflesia, trenggiling bahkan beruang madu. Wah masih asri sekali ya?
  3. Air Terjun Mananggar
    Tampilan Air terjun dengan tinggi 60meter dan lebar lebih dari 60meter ini menyerupai Air Terjun Niagara, sehingga Air Terjun ini biasa disebut sebagai Niagara Mini dari Kalimantan Barat. Destinasi yang berlokasi di hulu sungai Landak ini memiliki sebuah danau bulat yang biasa digunakan oleh wisatawan untuk memancing ataupun berendam. Untuk mencapai lokasi ini, diperlukan waktu sekitar 3 jam dari Ngabang dan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati semak semak. Jangan khawatir! Selama perjalanan kamu akan ditemani oleh udara sejuk dan keindahan alam yang alami. Sehingga lelah tidak akan begitu terasa. Air Terjun ini cocok untuk kalian para Nature Photographer dan kalian para pecinta petualangan.
  1. Air Terjun Ampar Jawa
    Terletak di Kecamatan Seribu, air terjun ini terkenal dengan kejernihannya. Pemandangan di sekitarnya juga tidak kalah eksotis dan membuat destinasi ini layak dikunjungi. Kabarnya Air Terjun ini cocok untuk kalian yang menyukai ketinggian. Membutuhkan waktu tempuh sekitar 2jam menggunakan motor dari daerah Serimbu.
  2. Air Terjun Saka Dua
    Siapa yang tahu Hutan Lindung Dusun Kayu Tunu? Air terjun ini ada di dalamnya lho! Membutuhkan niat yang cukup kuat dan kondisi tubuh yang prima untuk bisa mencapai lokasi ini. Hal tersebut dikarenakan kalian harus menyusuri sungai Kapuas menggunakan perahu dan dilanjutkan dengan berjalan kaki melintasi hutan. Membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari kota Sanggau untuk sampai ke sini. Akan cocok sekali liburan disini bagi kalian para petualang alam!

Sesungguhnya masih banyak Air Terjun yang tersembunyi di Kalimantan Barat. Oleh sebab itu mari kita eksplorasi Negeri kita ini lebih dalam!

Artikel ini ditulis oleh Febry Dwi Rismayanti dari Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta, jurusan Manajemen, pada program magang GENPINAS

Sumber :
https://www.tempatwisata.pro/wisata/Kalimantan-Barat

https://www.google.com/amp/s/www.tokopedia.com/blog/travel-wisata-air-terjun-di-kalimantan-barat/amp/

https://pariwisataku.com/6-air-terjun-di-kalimantan-barat/

https://www.google.com/amp/s/www.idntimes.com/travel/destination/amp/sepliong/5-air-terjun-di-kalimantan-barat-ini-belum-banyak-diketahui-c1c2




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *