Eksotisnya Pesisir Pembelah Lautan Lhok Ghelumpang Aceh

Bisnis



Bukan rahasia umum lagi kalo Indonesia memiliki laut dan perairan yang sangat luas. Hal ini menjadikan Indonesia kaya akan potensi wisata bahari nya yang indah dan memikat hati para pengunjung, baik nasional maupun kancah internasional. Jika berbicara kekayaan wisata Indonesia, rasanya tak akan ada habisnya untuk dijelajahi. Selalu ada surga tersembunyi di sudut-sudut negeri ini. Seperti di Aceh,kota yang dijuluki Serambi Mekah ini menjadi letak Pantai Lhok Geulempang yang patut untuk kamu kunjungi.

Jika dilihat dari ketinggian, pantai Lhok Geulumpang ini memiliki keunikan tersendiri, dimana pesisir pantainya seakan membelah dua lautan. Selain itu, terdapat penorama dua pulau yang dihubungkan oleh hamparan pasir putih. Hal tersebut menambah daya tarik bagi pantai yang pada tahun 1993 ini, pernah menjadi tuan rumah pesta budaya regional ASEAN.

Tak hanya pesona pantainya, keindahan bawah laut Lhok Geulumpang juga tak kalah menarik loh. Beragam biota laut dapat kamu jumpai saat melakukan diving ataupun snorkeling. Sayangnya perlu digaris bawahi bahwa ombak di pantai Aceh Jaya ini sulit diprediksi sehingga kamu harus berhati-hati. Selain itu, pengunjung juga bisa memacu adrenalin dengan wahana outbound fliying fox. Pengunjung dapat rasakan sensasi ketinggian 100 meter dan panjang 200 meter di atas birunya lautan.

Untuk kamu yang suka ber swafoto, Lhok Geulumpang dapat dijadikan piliham sebagai destinasi wisata yang hendak kamu kunjungi. Spot-spot atau angle yang menawan dapat dengan mudah kamu temui untuk menambah kesan keren di instagram mu. Biasanya, sambil menikmati nuansa tenang hamparan laut, dan pepohonan rindang, pengunjung juga membakar ikan di tepian pantai. Wah perpaduan harumnya asap ikan menjadi satu dengan harum khas nya suasana laut menjadikan pengalaman tak terlupakan bersama orang-orang terkasih tentunya.

Pantai Lhok Geulumpang yang tepatnya berada di Desa Sawang, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh ini pernah menjadi destinasi favorit di mata internasional pada masanya. Namun sayang, kini wisata pantai Lhok Geulumpang kurang terekspos meski menyuguhkan panorama yang unik. Pantai yang sempat mengalami kerusakan saat peristiwa Tsunami Aceh pada 26 Desember 2004 silam ini, sering dikunjungi warga setempat yang tak jauh dari kawasan Aceh Jaya. Namun tak jarang juga pengunjung dari luar kota yang rela menempuh perjalanan jauh untuk menikmati eksotisnya suasana pantai ini.

Pantai Lhok Geulumpang berjarak sekitar 140 kilometer dari Banda Aceh dengan waktu kurang lebih 2 setengah jam lamanya. Jika berangkat dari Banda Aceh, kamu dapat melalui jalan Meulaboh yang kini aksenya sudah terbilang bagus. Namun jika kamu memulai pwrjalanan dari kota Calang, jarak yang ditempuh lebih sedikit yaitu sekitar 18 kilometer saja. Meski membutuhkan waktu yang cukup lama, pengunjung tidak akan kecewa begitu melihat pemandangan yang disuguhkan oleh Pantai Lhok Geulumpang.

So, sampai bertemu di Pantai Lhok Gelumpang dan buatlah kenangan tak terlupakanmu!

Ditulis oleh Najmah Oktama Wulandari, Sastra Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Program Internship Genpinas 2020.

source:
https://www.tempatwisata.pro/wisata/Pantai-Lhok-Geulumpang
https://wisato.id/wisata-air/surga-keindahan-alam-di-pantai-lhok-geulumpang-aceh-jaya/
https://aceh.tribunnews.com/2019/08/21/video-wisata-ajay-geulumpang-raya-diantara-gugusan-dua-pulau-menawarkan-aneka-permainan-outbond



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *