Danau Sentani, Surga Tersembunyi Tanah Papua

Bisnis



Jika bertandang ke Papua, hal pertama yang dapat kamu lihat pasti pemandangan bukit-bukit hijau nan indah seperti bukit teletubbies. Ya benar, bukit tersebut adalah serpihan kecil dari keindahan Danau Sentani. Serpihan kecil? Ya benar, danau seluas 9.360 hektare ini punya segudang pesona didalamnya. Seperti namanya, ‘Sentani’ yang berarti ‘disini kami tinggal dengan damai’ membuat setiap wisatawan yang berkunjung ke ikon pariwisata Tanah Papua ini merasakan kedamaian.

Penasaran? Yuk simak informasinya!

Tempat Tinggal Satwa Unik Endemik Papua

Terletak di ketinggian 75 mdpl membuat Danau Sentani memiliki kekayaan ragam hayati yang melimpah. Bagaimana tidak, tercatat terdapat kurang lebih 30 spesies satwa air yang hidup didalamnya. Empat spesies diantaranya bahkan merupakan satwa endemik Sentani, yang berarti hanya ada di Danau Sentani, seperti Ikan Gabus Danau Sentani, Ikan Pelangi, Ikan Pelangi Merah, dan Hiu Gergaji yang sangat terkenal dan mulai jarang ditemukan.

Selain kaya akan satwa airnya, danau yang berada dibawah lereng Pegunungan Cycloop ini memiliki 15 jenis tanaman air seperti wewejan, kayu apu, rumput pita, kangkung air, keladi air, rumput ikan, ganggang hijau biru, dan masih banyak lagi. Memang benar-benar ‘tempat tinggal yang damai’ ya?

Wisata Alam, Wisata Sejarah, Wisata Budaya

Beralih dari keragaman hayatinya, Danau Sentani juga memiliki berbagai potensi wisata. Mulai dari keberagaman alamnya hingga wisata budayanya. Jika berkunjung ke danau ini, kamu akan disuguhkan dengan panorama indah bukit-bukit hijau yang berbaris atau seringnya disebut sebagai Bukit Teletubbies. Selain panorama bukitnya yang indah, kamu juga akan dikejutkan dengan pemandangan matahari terbenam atau sunset yang memukau. Keindahan Bukit Teletubbies ini makin lengkap jika kamu memandangnya dari Tugu MacArthur lho !

Masih ingin melihat alamnya? Tenang, Danau Sentani punya banyak gugusan pulau kecil yang dapat membuatmu terpukau. Selain indah dipandang, gugusan pulau kecil yang terdiri dari 22 pulau ini pun dapat kamu kelilingi menggunakan perahu wisata disana. Dari sekian banyak pulau kecil tersebut, Pulau Asei merupakan favourite para wisatawan. Di Pulau Asei, kamu dapat membeli buah tangan untuk keluarga tercinta berupa kerajinan tangan khas Papua seperti Noken Tas Papua, hingga kerajinan kulit kayu dengan motif khas Papua.

Tak hanya alamnya yang megah, Danau Sentani semakin kaya dengan potensi wisata sejarah dan budayanya. Kamu dapat menemukannya di Balai Arkeologi Papua, Kampung Doyo Lama Distrik Waibu. Di balai tersebut, kamu dapat melihat tiang rumah prasejarah hingga peralatan tradisional tanah Papua zaman dahulu.

Danau Sentani juga memiliki senjata pamungkas buat kamu yang ingin melihat langsung pemandangan alam sekaligus budaya Papua di danau ini, lho. Benar sekali, Festival Danau Sentani. Festival yang dilaksanakan setiap Bulan Juni ini diisi dengan tarian-tarian khas Papua seperti tarian perang yang dilakukan diatas perahu. Festival ini juga dimeriahkan oleh upacara adat penobatan Ondoafi dan wisata kuliner khas Papua oleh paguyuban Kabupaten dan Kota Jayapura.
Wisata alam ada, Wisata Sejarah ada, sampai Wisata Budaya pun ada. Kurang lengkap apalagi?

Rute Transportasi

Untuk mencapai Danau Sentani, kamu dapat terbang dengan tujuan Bandara Sentani. Perjalanan ke Bandara ini sekitar 7-8 jam tergantung dengan tempat transitmu ya! Setelah mendarat di Bandara, kamu dapat menyewa mobil atau naik taksi untuk dapat berwisata di Danau Sentani. Perjalanan hanya ditempuh selama 10 menit dari Bandara Sentani ini. Jika kamu memilih untuk menyewa mobil, maka segera siapkan kocek sebesar Rp 500.000 hingga Rp 650.000 ya !

Untuk akomodasi dan penginapan, jika kamu kenal dengan warga setempat maka disarankan untuk tinggal di rumah warga tersebut agar kamu dapat langsung merasakan keseharian dan budaya Sentani Papua. Untuk kamu yang belum memiliki informasi seputar warga setempat, jangan bersedih hati, di sekitar Danau Sentani banyak sekali akomodasi berupa resort atau hotel yang dapat kamu pilih. Berkisar Rp 600.000 hingga Rp 1.000.000 per malamnya, kamu sudah dapat bermalam di Danau Sentani ini.

Jadi tunggu apalagi? Yuk, berlibur ke Danau Sentani !

Sources :
https://phinemo.com/keunikan-danau-sentani-jayapura/

https://www.liputan6.com/lifestyle/keindahan-danau-sentani-di-papua-yang-kembali-menarik-perhatian

Ditulis oleh Galuh Haris Septyana, Universitas Gadjah Mada, Prodi Pariwisata, Program Magang GENPINAS Tahun 2020



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *