Cantiknya Danau Sentarum, Kalbar

Bisnis



Genpi.id – Kalimantan Barat, provinsi yang dijuluki dengan daerah ‘Seribu Sungai’ ini tak henti membuat kagum wisatawan yang ingin melancong ke sana. Sajian keindahan alam dengan hutan hujan tropis dan aliran sungai menjadi pesonanya. Beranjak ke hulu Sungai Kapuas, di sana terdapat sebuah danau yang memasok air ke sungai tersebut. Rupa indah genangan air bak kaca dari danau ini menjadi magnet bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Kalimantan Barat. Keelokannya menyerupai danau-danau indah di luar negeri, seperti di Kanada dan Norwegia. Bisakah kamu menebak danau nan eksotis ini?

Ya, benar, Danau Sentarum, Nanga Leboyan, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Danau ini telah ditetapkan sebagai wilayah konservasi, Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS). Keanekaragaman hayati yang tinggi dan rumah bagi sejumlah satwa endemik kalimantan menjadi salah satu alasan dari penetapan tersebut. Lokasinya yang lumayan jauh dari Kota Pontianak (ibu kota Kalimantan Barat) membuat perjalananmu semakin dipenuhi dengan rasa penasaran dan menjadi pengalaman yang menarik.

Ada beberapa alternatif jalur yang dapat kamu lewati menuju Danau Sentarum. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhanmu. Pertama, mulai perjalananmu dari Kota Pontianak menggunakan bus atau taksi ke Lanjak Deras, ibu kota Kecamatan Batang Lupar, sebagai pintu masuk ke Danau Sentarum. Kira-kira 18 sampai 21 jam perjalanan.

Kedua, dari Kota Pontianak menuju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong (Malaysia) kemudian masuk lagi ke Indonesia Lewat PLBN Nanga Badau untuk melanjutkan perjalananmu ke Danau Sentarum. Jangan lupa membawa paspor jika melalui jalur ini. Tiga, memanfaatkan jalur udara dari Pontianak ke Bandara Pangsuma di Putussibau (ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu) kurang lebih satu jam dan sambung langkahmu dengan kendaraan umum atau travel menuju Lanjak Deras kira-kira dua jam.

Sesampainya di Lanjak Deras, kunjungi Pos Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) untuk mengurus Simaksi (Surat Ijin Masuk Kawasan Konservasi) sebagai wisatawan sebelum masuk ke dalam. Di sinilah awal mula pertualangan untuk menyaksikan keindahan panorama Danau Sentarum yang luar biasa. Siapkan semangatmu untuk mengawali pengeksplorasian ini. Untuk menyusuri Danau Sentarum kamu membutuhkan perahu mesin atau speed boat yang dapat disewa dari masyarakat sekitar. Kamu akan melihat betapa indah dan asrinya pemandangan di sekeliling. Udara segar yang bersirkulasi akan membuat paru-parumu tersenyum. Jangan lupa datangi Bukit Tekenang untuk melihat Danau Sentarum dari ketinggian. Di sini tempat terbaik untuk melihat sunrise di TNDS.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *