BPND Maluku Hadirkan Konser Virtual Seni Budaya Maluku Utara 2020

Bisnis



Sumber foto : @instagram bpnbmaluku

Sobat Genpi, adanya pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum berakhir membuat beberapa event harus mengupayakan menggunakan alternatif dan mencari inovasi baru agar acara yang akan diadakan tetap bisa berjalan meski dengan cara yang berbeda. Hal itu juga yang dilakukan oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPND) Maluku untuk melakukan pendukungan Pekan Kebudayaan Daerah Maluku Utara dengan mengadakan acara Konser Virtual Seni Budaya Maluku Utara 2020 dengan tema “Penguatan Komunitas Budaya di Tengah Pandemi Covid-19”.

Acara ini merupakan acara yang wajib dilakukan karena terkait dengan pendukungan Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) yang acara puncaknya nanti berada di Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) yang berada di Jakarta secara live dengan jumlah pengunjung terbatas dan tetap memperhatikan protocol kesehatan. Acara ini juga diharapkan mampu memberi ruang untuk pelaku seni budaya, komunitas-komunitas yang terdampak pandemi Covid-19 agar tetap berkreasi meskipun disituasi seperti ini.

“Kami berharap dikegiatan saat ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pelaku-pelaku seni dan juga komunitas budaya maupun juga stake holder kebudayaan yang ada di provinsi Maluku utara yag terdampak pandemic covid19 sehingga walaupun kita semua dibatasi untuk berinteraksi dalam ruang kita yang semestinya berkreasi tetapi lewat kegiatan ini kita dapat memberikan panggung dan ruang bagi seniman untuk berkarya sekaligus memberikan akses manfaat dari sisi ekonomi bagi mereka”. Ujar Stenli Loupatty, sebagai Kepala Sub Bagian Tata Usaha, saat ditanya alasan mengadakan Konser Virtual Seni Budaya Maluku Utara 2020.

Salah satu peneliti BPND Maluku juga mengatakan Kebudayaan adalah bagaimana komunitas maupun kelompok-kelompok masyarakat yang memiliki kebudayaan itu bisa menikmati dan memberikan hiburan bagi siapa saja. Kebudayaan bukan hanya soal nilai tetapi juga bagaimana kebudayaan itu bisa menghidupkan banyak orang dan kebahagiaan itu bukan hanya dilihat dari bagaimana komunitas itu bisa hidup tapi juga memberikan penghidupan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Nah, untuk Sobat Genpi yang penasaran dan ingin tau tentang Kebudayaan Maluku tidak ada salahnya untuk mencoba menonton konser virtual yang satu ini. Konser Virtual ini akan diadakan pada tanggal 6 september 2020, pukul 10.00 WIT. Konser ini hadir secara Live Streaming melalui kanal Youtube BPND Maluku. Jadi jangan sampai kelewatan ya!

Ditulis oleh Nabilla Chika Putri, Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Program Intership Genpinas 2020.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *