BPNB Kalbar Gelar Lomba Penulisan Cerita Rakyat Bangkitkan Cinta Kebudayaan Tradisi lisan

Bisnis



Sumber foto : instagram.com/bpnbkalbar

Sobat Genpi, pandemi Covid-19 ini memang bukanlah hal yang sepele. Melihat begitu banyak pengaruhnya dalam kehidupan, menjadikan pemerintah Indonesia menghimbau kepada masyarakat Indonesia ikut berubah dalam melakukan berbagai aktivitas dengan menerapkan protokol kesehatan yaitu pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak.

Mungkin sobat Genpi bosan melakukan aktifitas dirumah saja? Kalian bisa mengisi kegiatan dengan event atau seminar daring yang saat ini banyak bermunculan. Salah satu kegiatan yang bisa mengasah kreatifitas yaitu Lomba Penulisan Cerita Rakyat yang diadakan oleh Badan Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Kalimantan Barat yang merupakan unit pelaksana teknis dari Kemendikbud. Lomba Penulisan Cerita Rakyat ini dikhususkan bagi tingkat SMA/Sederajat se-Kalimantan.

Acara ini bukan yang pertama kalinya karena setiap tahun sekali BPND Kalimantan Barat selalu mengadakan berbagai perlombaan. Beberapa perlombaan yang sudah diadakan BPNB dengan sistem daring yaitu lomba membaca puisi tingkat SMP/Sederajat, lomba vlog bagi tingkat SMA, lomba penulisan essay bagi Tingkat SMA, dan lomba mendongeng bagi tingkat SMA.

“tujuan dari lomba ini adalah untuk memberikan stimulan kepada siswa untuk secara aktif mengenal dan mencintai kekayaan budaya tradisi lisan, terutama cerita-cerita rakyat yang pernah ada dan berkembang secara turun temurun di daerah masing-masing” ungkap Eni Rohani (Ketua Pelaksana) Via Whatsapp.

Eni juga menambahkan harapan diadakannya lomba ini yaitu terkumpulnya prosa cerita-cerita rakyat yang berasal dari daerah-daerah di Kalimantan melalui partisipasi generasi muda/siswa di Kalimantan dan dapat terlaksananya kegiatan internalisasi nilai budaya yang memberikan ruang seluas-luasnya bagi para siswa guna secara aktif mengenal dan mencintai budaya Indonesia, terutama melalui cerita rakyat yang ditulis oleh mereka sendiri.

Jadi untuk sobat Genpi yang berada di Kalimatan atau tertarik mengajak saudaranya yang memiliki bakat berkreasi dalam menulis cocok banget untuk ikut lomba yang satu ini selain dapat mengisi waktu juga dapat hadiah yang menarik loh. Setiap peserta cukup mengirimkan naskahnya melalui email mulai tanggal 9 September – 15 Oktober 2020, dan pengumuman pemenang pada tanggal 30 Oktober 2020. Selanjutnya naskah tersebut akan dinilai oleh juri untuk mendapatkan 6 pemenang yang beruntung. Untuk informasi selanjutnya sobat Genpi bisa melihat akun instagramnya di @bpnbkalbar.

Ditulis oleh Nabilla Chika Putri, Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara. Program Intership Genpinas tahun 2020.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *