BELANJA RUPA RUPA GARMEN DAN TEKSTIL DI PASAR CIPADU

Bisnis



Genpi.id- Tidak dapat dipungkiri, di era pandemi yang menuntut kita untuk tetap dirumah saja membuat kita semakin banyak memiliki waktu luang sehingga memancing kemungkinan munculnya perasaan bosan. Namun telah banyak orang yang mengubah rasa bosan tersebut menjadi kegiatan yang produktif. Salah satu kegiatan tersebut adalah menjahit. Saat ini muncul banyak sekali kaum kreatif yang membuka bisnis penjahit rumahan, umumnya banyak dari mereka yang memanfaatkan keadaan dengan berbisnis masker tapi tidak sedikit juga yang memproduksi hasil olahan tekstil dan garmen lainnya.

Kabar gembira bagi kalian para kaum kreatif yang tengah menekuni hobi bekerja dengan tekstil dan garmen. Di pinggiran kota Jakarta terdapat sebuah pasar khusus tekstil dan garmen yang sangat lengkap bahkan kabarnya pasar ini merupakan pasar tekstil dan kain terbesar di Indonesia lho! Kira kira dimana ya?

Terletak di sepanjang Jalan KH. Wahid Hasyim, Cipadu Jaya, Kreo, Tangerang, Pasar Cipadu bukan hanya menyediakan beragam kain atau tekstil, namun pasar ini juga menyediakan berbagai macam garmen atau olahan tekstil. Sehingga di sekitar pasar ini terdapat banyak sekali usaha konveksi. Bukan hanya itu, rupanya di sekitar pasar ini juga terdapat toko toko yang menjual perlengkapan jahit bahkan ada juga yang menjual sparepart mesin jahit lho! Untuk kalian yang masih baru dalam dunia tekstil, jangan khawatir kebingungan dalam memilih kain! para pedagang disini siap memberikan banyak informasi mengenai kekurangan dan kelebihan tiap produk yang mereka jual. Kabarnya, beberapa toko di pasar ini juga sudah memiliki toko online lho! Jadi bisa mempermudah kalian dalam berbelanja di era pandemi nih!

Beberapa contoh garment atau olahan kain yang dijual disini adalah gorden, sprei beserta sarung bantal dan guling, selimut, bed cover, resleting, handuk, baju bahkan hingga kebaya. Ada pula hasil jahitan konveksi penduduk sekitar pasar misalnya tas, mukena, taplak meja dan masih banyak lagi. Bahkan saking banyaknya, sepertinya seluruh produk berbahan dasar kain, dijual disini.

Kelengkapan produk tekstil dan garmen yang tersedia disini membuat kawasan ini selalu ramai pengunjung yang bukan hanya berasal dari wilayah tangerang namun juga dari luar kota! Tak jarang pula ada yang berasal dari mancanegara khususnya negara negara tetangga.

Selain lengkapnya produk, harga yang ditawarkan di pasar ini kabarnya lebih murah dari tempat lain. Selain itu produk yang dijual disini juga bisa dibeli secara eceran. Tidak seperti di tempat lain yang pada umumnya harus membeli dalam jumlah tertentu seperti grosiran.

Ada yang unik nih dari sistem jual beli disini. Biasanya jika kalian membeli produk tekstil, harga yang akan ditawarkan akan dihitung dalam jumlah per-meter, kodi, lusin, dsb. Tapi di Pasar cipadu selain dengan sistem seperti yang tadi disebutkan, kalian akan menemukan sistem lain yaitu sistem kiloan! Namun biasanya yang dijual dalam sistem kiloan itu adalah tekstil berbahan polyster dan katun.
Umumnya harga tekstil per-kilo berkisar Rp30.000 – Rp80.000 dan untuk harga per meter mulai dari Rp12.000 – Rp80.000 tergantung jenis bahan dan coraknya ya! Selain itu, bahan kebaya di Cipadu juga terbilang murah, harganya mulai dari Rp25.000 per meternya.

Setelah kalian membeli kain dengan kriteria motif dan bahan seperti yang kalian inginkan lalu ingin mengolahnya, disini juga tersedia jasa konveksi untuk neci dan obras. Bahkan bisa juga jika kalian ingin sekaligus menjahitnya menjadi produk seperti sprei dan baju. Feel free sekali deh disini!

Untuk mencapai kawasan ini juga tidak sulit kok! Ada kendaraan umum yang berlalu lalang di area ini. Jika kalian dari arah Ciledug Raya, temukan pasar swalayan “Giant Kreo” dan dari sana cukup menaiki angkutan umum dengan kode C12 ke arah Ceger. Begitupun sebaliknya, jika kalian dari arah Ceger, cukup temukan Perumahan PJMI dan kalian bisa menaiki angkutan umum yang sama yaitu C12.
Kawasan Pasar ini umumnya beroperasi sekitar pukul 09.00 sampai 16.00 ya!

Yuk berkreasi dan lebih produktif dengan mengolah tekstil!

Artikel ini ditulis oleh Febry Dwi Rismayanti dari Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta jurusan Manajemen dalam program magang GENPINAS



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *