Bak Nirwana, Keindahan Goa Sarang di Aceh

Bisnis



Kota yang dikenal dengan sebutan Serambi Makkah ini menyimpan berbagai objek wisata yang indah untuk ditelusuri. Mulai dari wisata pegunungan, pesisir pantai hingga wisata petualangan seperti Goa Sarang ini.

Goa Sarang terletak di Gampong Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Aceh, tepatnya berada di antara Pantai Pasir Putih dan Lhong Angen. Goa yang berada di kaki tebing dan perbukitan yang menjorok ke bibir pantai ini, memang membutuhkan perjuangan untuk dapat menikmati keindahannya. Namun, rasa lelahmu akan hilang ketika kamu menjadi saksi nyata keindahan Goa Sarang bak nirawana yang ada di dunia. Bahkan, keindahan yang ada di Goa ini sering disebut Raja Ampatnya Aceh loh!

Kawasan Goa Sarang adalah kawasan hutan lindung di Pulau Weh, sehingga kamu dapat merasakan sensasi udara yang masih sangat alami dan segar.

Goa yang menjadi sarang kelelawar dan burung walet ini memiliki spot foto kekinian dengan pemandangan laut yang cantik dapat kamu abadikan. Adanya dua pasang ayunan yang menggantung menghadap laut biru ini, sangat disayangkan sekali untuk dilewatkan jika berkunjung ke Goa Sarang, Aceh.

Untuk bisa sampai ke Goa Sarang, dilansir dari kanalaceh.com, kamu dapat menggunakan kapal cepat dari Pelabuhan Ulee Lheue kota Banda Aceh dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam ke Pelabuhan Balohan, Sabang. Kemudian untuk menuju Goa Sarang jarak yang ditempuh sekitar 23 km atau sekitar 40 menit perjalanan baik dengan menggunakan motor atau mobil.

Selam perjalanan kamu akan disuguhkan keindahan pemandangan alam yang ada disekitar lokasi tersebut. Dimulai dari pemandangan pegunungan, aktivitas ekonomi warga, pemandangan lautan biru yang menawan, dan perkampungan penduduk. Udara segar asli pegunungan akan langsung menyapamu ketika sampai di lokasi.

Tiket untuk masuk ke kawasan ini, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 5.000 saja. Jika ingin menuju sisi goa, kamu dapat berjalan kaki dengan jalur trekking atau dapat menyewa perahu dengan harga Rp 200.000, perahu ini bisa manampung 11 orang. Kamu bisa berkeliling area Goa ini sekitar 30 menit, dengan mengitari pemandangan khas stalakit yang ada di goa serta adanya kelelawar dan burung walet yang tinggal bersama di dalam goa ini.

Selain itu kamu juga bisa berenang, hingga snorkeling di Goa Sarang ini. Bahkan, tempat ini juga seringkali dijadikan untuk tempat berkemah loh. Untuk kamu yang ingin berkemah disekitar lokasi ini, kamu harus membayar sekitar Rp 200.000 – Rp 300.000.

Sudahkah siap dengan wisata petualangan ini? Keindahan wisata bak nirwana di Goa Sarang, Sabang, Aceh sedang menantimu.

Sumber:
https://www.kanalaceh.com/2019/09/08/menelusuri-gua-sarang-sabang-yang-mirip-raja-ampat/
https://www.inews.id/travel/destinasi/eksotisme-gua-sarang-di-aceh-pemandangannya-bikin-takjub

Artikel ini ditulis oleh Nur Azizah, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Prodi Ekonomi Syariah, pada program magang Genpinas



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *