Asyik! Ada Destinasi Wisata Kampung Bali di Kota Bekasi

Bisnis



Sumber foto : jurnaline.com

Apabila Sobat Genpi kangen untuk kembali berlibur ke Bali, namun urusan jarak, dan budget sedang tidak bersahabat. Jangan cemas dulu, karena tidak usah jauh – jauh terbang ke pulau dewata, di Kota Bekasi, Jawa Barat ternyata ada lho, kampung Bali yang menyuguhkan suasana asli seperti berada di Bali. Atmosfer khas Bali lengkap dengan adat istiadat, budaya, dan berbagai macam hal yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat Bali ada di sini.

Kampung Bali Bekasi itulah julukannya. Perkampungan Bali ini awal mulanya merupakan sebuah deretan rumah yang ditempati oleh tiga kepala keluarga yang memang berasal dari Bali. Hingga akhirnya, berawal dari komunitas kecil tersebut semakin berkembang, dan saat ini sudah ada 15 kepala keluarga yang menghuni perkampungan ini. Menurut keterangan Ketut Budiasa sebagai perwakilan masyarakat di Kampung Bali Bekasi, ia menjelaskan bahwa penghuni Kampung Bali Bekasi juga hidup berdampingan dengan masyarakat lain.

“Di sini kerukunan umat beragama terjaga baik, saling menghargai. Warganya bermacam – macam profesi. Ada yang tentara, yang plaing 4 pilar, ada PNS, ada juga pekerja seni,” kata Budiasa dilansir Balipuspanews.com Selasa (8/9/2020).

Kampung Bali Bekasi terletak di Jalan Merpati RT 11 RW 09 Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat. Ketika kamu sampai di sini, suasana yang ditawarkan memang begitu nyata. Jiwamu seolah berada di perkampungan Bali yang begitu tradisional dengan diiringi gamelan Bali, dan senyum ramah warganya yang begitu menyejukkan. Hal ini yang membuat Wakil Walikota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono meresmikan kampung Bali pada Minggu (6/9/2020).

“Hari ini saya mencoba mengembangkan destinasi kota Bekasi. Meng-upgrade apa yang ada di kota Bekasi,” ucap Wakil Walikota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono dilansir Balipuspanews.com Selasa (8/9/2020).

Upaya pengembangan Kampung Bali ini memang menjadi salah satu destinasi wisata baru di Kota Bekasi. Ada banyak pilihan wisata yang tersebar di Kota Bekasi, tetapi menurut Tri, semua hal yang berhubungan dengan eksotisme Bali memang mengandung segudang nilai – nilai, maupun aspek kesenian, adat istiadat, dan budaya yang begitu terkenal hingga penjuru dunia. 

“Saya berharap masyarakat berada di garda terdepan. Keragaman budaya, keragaman berbangsa, dan bernegara,” kata Tri AdhiantoTjahyono dilansir Balipuspanews.com Selasa (8/9/2020).

Sobat Genpi, Kampung Bali Bekasi ini memang sudah menjadi agenda strategi pariwisata yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bekasi bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi. Kalau kita lihat bahwa tradisi leluhur yang ada di kota metropolitan seperti Kota Bekasi memang nampaknya sudah agak jarang. Syukurnya, Kampung Bali Bekasi menjadi salah satu contoh perkampungan yang masih menjunjung adat istiadat. Kampung Bali Bekasi ternyata juga tersohor hingga beberapa titik di Ibukota. Banyak yang singgah dan akhirnya betah dengan suasana khas Bali yang ditawarkan kampung Bali.

Selain menyuguhkan suasana perkampungan Bali nan asri, Kampung Bali Bekasi ini juga menghidupkan kesejahteraan warganya dengan adanya Usaha Kecil Menengah (UKM) yang dikeolal oleh masyarakat sekitar berupa aneka olahan kuliner khas Bali, dan menjadi sentara budidaya ikan air tawar, khususnya ikan lele. Oleh karena itu, Kampung Bali Bekasi diikutsertakan dalam lomba ketahanan pangan nasional yang silenggarakan tahun ini.

Bagaimana Sobat Genpi? Tertarik mengunjungi suasana khas perkampungan Bali di Kampung Bali Bekasi? Kalau kamu hendak berkunjung ke sana, jangan lupa patuhi protokol kesehatan, ya!

Sumber:

Balipuspanews.com – Informasi Berita Bali

Ditulis oleh Lukman Hakim, Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Ahmad Dahlan, Program Internship Genpinas tahun 2020.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *