5 Aktifitas Seru Saat Mengunjungi Danau Laet, Kalimantan Barat

Bisnis



Di Kalimantan Barat, ada surga tersembunyi yang semakin memikat hati para wisatawan. Tepatnya di Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, terdapat tempat wisata hits yaitu Danau Laet. Danau tadah hujan ini memiliki luas areal kurang lebih mencapai 800 Ha. Uniknya, Danau Laet sering mengalami fenomena pasang surut yang ekstrim, ini lah yang membuatnya berbeda dari danau lainnya. Wisata Danau Laet ini juga dilengkapi dengan beragam fasilitas menarik yang dapat mengisi harimu saat berkunjung. Yuk ketahui apa saja yang bisa kamu lakukan di Danau Laet ini!

  1. Menyusuri Danau Laet Menggunakan Sampan

Hal pertama yang akan menarik perhatianmu di Danau Laet ini tentu tak lain adalah hamparan air luas yang sekelilingnya dihiasi 12 gugusan pulau-pulau kecil. Untuk menjelajahinya, pengunjung dapat menyewa sampan yang ditaksir dengan harga Rp 150.000. Dengan begitu, pengunjung akan diajak mengelilingi danau yang memiliki kedalaman 4,5 meter ini selama 1 jam. Di tengah-tengah perjalanan, suguhan pesona alami danau akan memanjakan mata pengunjung. Dimulai dari hiasan pulau-pulau kecil sampai panorama Gunung Lait dan Gunung Tiong Kandang di sisi danau. Tak sampai disitu, pengunjung juga akan dibawa melihat eksotisnya villa terapung yang berada di atas Danau Laet.

  1. Bermalam di Villa Terapung

Nuansa bak liburan di Maldives juga dapat dirasakan di Danau Laet loh. Setelah beberapa lama membelah perairan danau, pengunjung akan tiba di zona ke dua Danau Laet yaitu vila terapung. Villa terapung yang tak kalah dengan cottage maladewa ini menambah keindahan wisata alam Danau Laet. Villa yang dibangun saling berjarak ini dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Selain sarana untuk menginap, disediakan juga aula dan restaurant berbentuk perahu sehingga menambah kesan sempurna. Sayang nya, area ini masih dalam tahap penyelesaian sobat. Namun rencananya fasilitas villa ini akan dibuka pada bulan Desember 2020 mendatang. Wah siapa yang sudah tidak sabar untuk merasakan sensasi menginap di tengah Danau Laet?

  1. Berswafoto di Spot-spot Cantik

Tidak berhenti sampai disitu, pesona Danau Laet juga dapat kamu temui di beragam spot cantik di sudut-sudut wisata alam ini. Sebenarnya di seluruh sudut dan sisi wisata Danau Laet ini menyimpan keelokan yang dapat kamu abadikan untuk menambah momenmu. Tapi ada beberapa spot yang juga tak boleh kamu lewatkan. Beralaskan jembatan kayu, tersedia spot foto seperti spot ayunan bintang laet, spot jembatan cinta, spot berlatar belakang balon udara, dan masih banyak lagi.

  1. Bermain di Area Taman

Wisata Danau Laet juga dilengkapi dengan fasilitas taman loh. Di tepian danau, tersedia gazebo-gazebo yang dapat digunakan pengunjung untuk bersantai sambil menikmati panorama keindahan danau. Tepian danau juga dihiasi dengan taman bunga dan tumbuhan tanaman hias. Selain itu terlihat juga kolam renang berbentuk persegi sebagai wahana anak.

  1. Bersantai di Atas Hammock Menghirup Udara Sejuk Kebun Karet

Suasana sejuk nan tenang di area kebun karet juga dapat merupakan tempat yang cocok untuk bersantai. Jika membawa hammock, kamu dapat dengan asik bergelantungan menghirup udara sehat dan hilangkan penatmu. Cahaya mentari yang malu malu masuk ke sela-sela daun pohon karet menambah eksistensi rindangnya pepohonan karet.

Wah seru ya sobat berbagai aktifitas di atas. Untuk aksesnya, Danau Laet berjarak 80 km dari kota Pontianak dengan lama perjalanan sekitar 1,5 jam. Untuk berkunjung, Danau Laet dibuka pukul 08.00-17.00 WIB dengan harga tiket masuk seharga Rp 20.000/orang.

Sampai bertemu di Danau Laet sobat, jangan lewatkan moment serumu!

Source:
https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/kalimantan-barat/danau-lait-kalimantan-barat-kealamiannya-akan-membuat-anda-kagum.html
https://www.borneos.id/danau-laet
https://www.rumahkomunitas.com/article/tempat-yang-menawan-hati-danau-lait-kalimantan-barat

Ditulis oleh Najmah Oktama Wulandari, Sastra Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Program Internship Genpinas 2020.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *